[Review] Adenita - 23 Episentrum

Judul: 23 Episentrum (Goodreads)
Pengarang: Adenita
Penerbit: Grasindo
ISBN: 9789790817425
Tahun: 2012
Tebal: 504 hlm.
Rating: 3/5 stars
Format: ebook dan Paperback
Mulai: 23 Januari 2016
Selesai: 15 Maret 2016


Sinopsis:

Buku 1
Tiga anak muda mengejar dan menemukan profesi yang didamba.

Matari, mengejar penghasilan untuk membayar utang kuliah dan menjalani hidup sebagai reporter.

Awan, seorang pegawai bank yang menunggu waktu untuk mewujudkan impiannya sebagai penulis skenario film.

Prama, seorang pekerja di perusahaan minyak yang berlimpah materi, namun belum menemukan kebahagiaan dan makna hidup.

Mereka mencari tujuan, ambisi dan keinginan sampai akhirnya menemukan makna "23 Episentrum". Ini lah kisah perjalanan Mata, Hari, dan Hati yang menggugah.

Buku 2
Dalam paket novel ini terkandung kisah nyata yang dituturkan oleh 23 anak muda yang memilih untuk bekerja seturut kata hati dan kecintaan. Seorang sarjana arsitek malah ingin jadi penerbang; seorang insinyur kimia malah menjadi penggiat biogas di satu desa; seorang sarjana matematika malah menjadi penulis skenario; dan seorang insinyur mesin yang sejak kecil bercita-cita menjadi guru.

Mereka semua membagi kisah sejati mereka mengenai kecintaan terhadap pekerjaan mereka. Mereka percaya bahwa sesuatu yang dilakukan dengan hati akan selalu menghasilkan energi, bahkan prestasi.

Excellence is the gradual result of always striving to do better.


Review:
Ini akan jadi salah satu reviewku yang singkat karena sungguh... aku sudah lumayan lupa bagaimana perasaanku saat membaca buku ini. Aku selesai membaca buku ini sekitar 7 bulan-an yang lalu, dan inilah yang kuingat:

Buku 1.
Aku membaca buku ini di iJak karena waktu itu aku ingin memesan buku ini dari salah seorang teman di kantor. Baru beberapa halaman dan aku sudah yakin untuk membelinya karena aku suka dengan jalan ceritanya. Karakter di dalamnya juga oke, bukan tipe yang mengeluh terus atau bahkan lemah, tapi sangat kuat dan terus berusaha untuk mengejar hal yang diinginkan.

Tapi sayangnya aku kurang suka dengan gaya menulisnya, kurang cocok saja denganku. Ditambah lagi penggunaan kata berbahasa Inggris, yang meskipun kata-katanya bagus, tapi kurang kusukai untuk saat ini.

Buku 2.
Buku ini berisi 23 kisah tambahan yang melengkapi kisah motivasi dan inspiratif tentang orang-orang yang bekerja sesuai dengan passionnya. Semestinya. Tapi di bagian ini justru semakin terasa bahwa aku kurang suka dengan gaya menulis pengarang sehingga aku sangat malas membacanya. Dari buku pertama yang hanya perlu 1 hari, buku ini perlu 2 bulan untukku menguatkan tekad dan menyelesaikannya.

Secara keseluruhan, aku lumayan suka dengan buku 1 dan kurang suka dengan buku 2. Kalau tidak salah 4 bintang untuk buku 1 dan 2 bintang untuk buku 2. Jadi rata-ratanya 3 bintang :)

Comments

Popular posts from this blog

Share the Love 2017: #Giveaway oleh @mandewi dan @afifahtamher