[Review] Erni Aladjai - Kei

Judul: Kei: Kutemukan Cinta di Tengah Perang (Goodreads)
Pengarang: Erni Aladjai
Penerbit: GagasMedia
ISBN: 9797806499
Tahun: 2013
Tebal: 254 hlm
Rating: 4.5/5 stars
Format: Paperback
Mulai: 8 Maret 2016
Selesai: 13 Maret 2016

Review:
Buku ini punya arti lebih bagiku dari sekedar buku biasa. Kepulauan Kei adalah tempat kelahiran ayahku, asal dari nama belakangku. Sayang sebagai keturunannya aku tidak ingat banyak mengenai Kei karena terakhir aku kesana sudah 21 tahun yang lalu.

Kerusuhan yang terjadi di pulau Kei merupakan salah satu peristiwa sejarah yang tidak begitu aku pahami sampai aku membaca buku ini. Salahku sendiri memang, tidak pernah terlalu serius dalam mencari referensi terkait hal ini dari dulu.

Kisah dalam buku ini benar-benar melelahkan untukku secara emosional. Aku tidak mengerti (atau menolak mengerti) kenapa ada orang-orang yang tega melakukan berbagai hal buas seperti yang tertuang di buku ini. Dan membaca buku ini dari sudut pandang mereka yang melihat kejadiannya, benar-benar menimbulkan visualisasi yang mengerikan di benakku.

Secara keseluruhan, aku cukup terbiasa dengan gaya menulis pengarangnya. Aku sangat suka persahabatan antara Namira dan Mery karena itu adalah sesuatu yang natural dan indah. Hubungan Namira dengan Sala juga sama, indah meskipun harus melalui berbagai rintangan.

Jadi, 4.5 bintang untuk buku ini yang sukses mengenalkanku akan budaya dan tradisi yang dijunjung di kepulauan Kei.

Comments

Popular posts from this blog

Share the Love 2017: #Giveaway oleh @mandewi dan @afifahtamher

2018 Reading Goals